Pembangkit Listrik Tenaga Surya On Grid

Pembangkit Listrik Tenaga Surya On Grid

Residential Rooftop Photovoltaic (PV) On Grid System

PROJECT REFERENCE

Salah satu implementasi dari sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) On Grid untuk rumah tinggal ini ada di Perumahan BPPT, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

PLTS 1.85 kWp di Perumahan BPPT, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Pemilik rumah ini ingin menggunakan energi “hijau” untuk berbagai kebutuhan penghuninya. Pada awalnya memasang Solar Water Heater untuk kebutuhan air panas keseluruhan rumah. Kemudian seiring bertambahnya kebutuhan daya listrik, maka pemilik mulai memikirkan untuk menggunakan PLTS dengan kapasitas 3,180 Watt (peak) sebagai suplai daya listrik tambahan dari kapasitas listrik PLN terpasang 3,500 VA. Namun pada tahap pertama, baru terpasang 1.85 kWp dengan output daya maksimum sekitar 1.75 kVA


“I think the cost of energy will come down when we make this
transition to Renewable Energy” – Albert Arnold Gore Jr.


Interkoneksi listrik PLTS langsung ke panel distribusi eksisting yang ada di rumah

TECHNOLOGY REVIEW

Sistem PLTS untuk rumah ini menggunakan konsep On Grid (parallel dengan jaringan PLN). Namun kapasitas String Inverter yang ada di pasaran tidak memiliki fleksibilitas dalam hal kapasitas dayanya. Karena itu pemilik akhirnya memilih teknlogi Micro Inverter dimana inverter jenis ini memiliki kapasitas daya  antara  250  hingga  500  Watt.  Dengan  teknologi  Micro  Inverter  ini  tentunya  akan  sangat memudahkan instalasi karena konsepnya modular. Dengan kapasitas 500 W, hanya dibutuhkan 2 panel surya (kapasitas 200-300 Wp) saja sudah dapat menghasilkan listrik yang kemudian akan bekerja paralel dengan listrik PLN di rumah. Sistem Micro Inverter dapat disambungkan ke Micro Inverter lainnya hingga kapasitas 3000 W seperti gambar dibawah ini.

Sistem PLTS On Grid dengan Micro Inverter

Specification

Notes

Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, dapat menghubungi marketing / technical support kami di bawah ini.

Contact Person :

  • Nimas ( 0852 3270 9944 ) – Marketing
  • Karim ( 0812 1635 9760 ) – Technical Support